Monday, October 16, 2017

Perbedaan dan Arti dari DDR Pada Spesifikasi RAM

perbedaan-arti-ddr-pada-ram
Perbedaan dan Arti dari DDR Pada Spesifikasi RAM 
Ok teman teman semua PCImpianku kali ini akan menulis postingan yang mungkin masih menjadi topik yang hangat untuk para newbie yang mau upgrade pc mereka, untuk mempersingkat langsung saja simak ulasannya .

Temen teman semuanya pasti sudah tau apa itu RAM kan ? kalau belum tau teman teman bisa cek postingan PCImpianku sebelumnya :

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahui RAM

Setelah teman teman sudah mengetahui apa itu RAM, saatnya teman teman mengetahui perbedaan dan arti dari DDR pada setiap RAM, ada DDR1,. DDR2, DDR3, dan DDR4 yang mungkin bisa membuat teman teman yang masih awam bisa kebingungan dalam memilih RAM.

Arti dari DDR itu sendiri adalah Double Data Rate yang merupakan pengembangan dari teknologi SDR atau Single Data Rate yang dimana DDR ini mempunyai kecepatan komputasi yang jauh lebih baik dalam mengirimkan data dibandingkan dengan SDR. Sampai saat ini DDR telah berkembang sampai DDR4.

Terus Perbedaannya apa ?
    1. Perbedaan yang terlihat jelas bisa anda lihat pada seri dari DDR itu sendiri dari DDR1 sampai DDR4 yang memiliki arti semakin besar seri DDR maka semakin cepat RAM tersebut.
      Dalam hal kecepatan DDR4 bisa dikatakan Raja dari jenis RAM yang ada untuk saat ini, karena kecepatan dari DDR4 sudah bisa mencapai 3300Mhz dengan kondisi OC atau Overclock
    2. Perbedaan dalam motherboard, dalam memilih RAM sebaiknya teman teman memastikan terlebih dahulu motherboard yang teman teman pakai support hingga DDR berapa ? untuk mempermudah anda bisa melihat di motherboard teman teman karena biasanya di motherboard ada tulisan DDR2 DDR3 DDR4.
      Bagaimana untuk kasus yang tidak ada tulisannya ? teman teman bisa melihat tahun rilis motherboard yang teman teman pakai, karena biasanya semakin lama maka maka RAM yang supportnya pun hanya support terhadap RAM yang lama, dan sebaliknya jika motherboard yang teman teman pakai adalah keluaran baru dan terupdate maka sudah dipastikan support dengan RAM DDR terbaru.
    3. Yang ketiga adalah soal Suhu , bisa dikatakan RAM keluaran terbaru ada yang sudah memiliki Heatsink yang bisa dipastikan Heatsink ini dapat menyerap panas yang dihasilkan RAM secara efektif baik itu dalam kondisi idle maupun dalam kondisi full load atau bahkan OC.
    4. Dan yang terakhir adalah HARGA, ya memang istilah "Ada Harga , Ada Performa" adalah istilah yang tepat untuk berbagai perangkat komputer, sehingga bisa dikatakan RAM DDR keluaran terbaru yaitu DDR4 adalah jenis RAM yang termahal dibandingkan dengan jenis DDR dibawahnya.
Nah mungkin seperti itu penjelasan mengenai Perbedaan dan Arti dari DDR Pada Spesifikasi RAM yang mungkin dapat memberikan sedikit gambaran kepada teman teman yang sedang kebingungan dalam memilih RAM.

Jika teman teman sekalian bingung dan mempunyai pertanyaan seperti ini :

" Lah terus sekarang ane harus beli RAM apa ?"

Jawabannya : "Beli lah RAM yang sesuai dengan spesifikasi Motherboard yang teman teman gunakan, jika motherboard yang teman pakai supportnya DDR2 maka beli lah DDR2 dan seterusnya ".

Terimakasih telah membaca artikel di PCImpianku semoga apa yang saya tulis dapat memberikan manfaat kepada pembaca.